.

Minggu, 26 Maret 2017

Bagaimana Cara Meminimumkan Biaya Produksi ??

@A10-Rona

Oleh : Rona Tasya Oktaviani
         
Abstrak
Produksi adalah suatu kegiatan untuk menciptakan/menghasilkan atau menambah nilai guna terhadap suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan oleh orang atau badan (produsen).
Fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output). Sebuah fungsi meta-produksi (kadang-kadang fungsi metaproduction) membandingkan praktek entitas yang ada mengkonversi input menjadi output untuk menentukan fungsi praktek produksi yang paling efisien dari entitas yang ada, apakah praktik produksi yang paling efisien layak atau produksi praktek yang paling efisien yang sebenarnya.
Kata kunci : Produksi, Fungsi Produksi

Pendahuluan
Produksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi dalam masyarakat atau suatu negara yang dihitung dalam waktu tertentu. Dimana kegiatan produksi tergantung pada kebutuhan dan kebiasaan perhitungan produksi dan pendapatan suatu negara. Dalam aspek ekonomi, kegiatan produksi selalu di dorong oleh motif ekonomi dan prinsip ekonomi agar keseluruhan kegiatan itu tidak percuma, ada sasarannya, tujuan serta harapannya, sehingga dapat menghasilkan sesuatu barang dan jasa secara optimal. Secara garis besar, produksi adalah kegiatan yang berkenaan dengan usaha meningkatkan nilai guna suatu barang dan jasa langkah pertama kegiatan produksi itu adalah menghimpun faktor produksi yang berasal dari masyarakat melalui kegiatan distribusi setelah terhimpun maka produksi itu diolah dan dikelola menjadi hasil produksi. Dalam Islam dijelaskan oleh Allah swt tentang hikmat-hikmat yang Allah swt berikan berupa kebutuhan kepada manusia .

Rumusan Maslah
1.    Apa sih pengertian produksi itu ?
2.    Bagaimana peranan atau fungsi dari produksi sendiri ?
3.    Bagaimana cara meminimumkan biaya produksi ?

Pembahasan
Apa Sih Produksi Itu ?
Pengertian Produksi adalah suatu kegiatan untuk menciptakan/menghasilkan atau menambah nilai guna terhadap suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan oleh orang atau badan (produsen). Orang atau badan yang melakukan kegiatan produksi dikenal dengan sebutan produsen. Sedangkan barang atau jasa yang dihasilkan dari melakukan kegiatan produksi disebut dengan produk. Istilah Produksi berasal dari bahasa inggris to produce yang berarti menghasilkan.
Sedangkan dalam arti ekonomi, Pengertian Produksi adalah sebagai kegiatan mengenai penciptaan dan penambahan atau utilitas terhadap suatu barang dan jasa. Berdasarkan dari pengertian produksi tersebut, terdapat dua konsep mengenai kegiatan produksi antara lain sebagai berikut... 
  • Kegiatan menghasilkan barang dan jasa: Pengertian kegiatan produksi dalam menghasilkan barang dan jasa adalah menghasilkan barang dan jasa yang belum ada sehingga bertambah jumlahnya atau memperbesar ukurannya. Contohnya adalah usaha pertanian, peternakan dan perikanan.
  • Kegiatan menambah nilai guna barang dan jasa: Pengertian kegiatan produksi dalam menambah nilai guna barang dan jasa adalah kegiatan yang menambah nilai guna barang dan jasa sehingga barang dan jasa menjadi lebih tinggi. Contohnya adalah tempe yang dibuat dari kedelai, kripik yang dibuat dari singkong, dan pakaian yang dibuat berasal dari kain.
Bagaimana Fungsi Produksi ?
Fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output). Sebuah fungsi meta-produksi (kadang-kadang fungsi metaproduction) membandingkan praktek entitas yang ada mengkonversi input menjadi output untuk menentukan fungsi praktek produksi yang paling efisien dari entitas yang ada, apakah praktik produksi yang paling efisien layak atau produksi praktek yang paling efisien yang sebenarnya.Misalkan kita memproduksi jeans, dalam fungsi produksi, jeans itu bisa diproduksi dengan berbagai macam cara. Kalau salah satu komposisinya diubah begitu saja, maka hasilnya juga akan berubah. Namun, output dapat tetap sama bila perubahan satu komposisi diganti dengan komposisi yang lain. Misalnya penurunan jumlah mesin diganti dengan penambahan tenaga kerja. 
Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi dan operasi adalah :
1.      Proses pengolahan, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan masukan (input)
2.      Jasa-jasa penunjang, merupakan sarana yang berupa pengoganisasian yang perlu untuk penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
3.      Perancanaan, merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
4.      Pengendalian atau perawatan, merupakan fungsi untuk menjamin terlaksanannya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan (input) pada kenyataannya dapat dilaksanakan.

Bagaimana Cara Meminimumkan Biaya Produksi ?
1.      Cari cara untuk mendapatkan bahan baku dengan kualitas baik tapi dengan harga murah. Adanya daging potongan murah yang biasanya sisa dari potongan fillet. Fillet daging atau ikan untuk pasokan resto atau hotel biasanya ukurannya standar, maka untuk membentuk ukuran ini, seringkali pemasok memotong sisi pinggir daging. Nah potongan sisa ini sama segar dan baiknya dengan fillet itu sendiri tapi harganya bisa turun hingga 70%.

2.      Cara tenaga kerja yang rendah biayanya. Rekruit tenaga kerja yang sesuai dengan kapasiatas usaha Anda, jika tidak perlu jangan rekruit  tenaga berpendidikan tinggi. Jika usaha Anda membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak sebaiknya pilih lokasi dengan akses tenaga kerja lebih mudah dan UMR lebih rendah. Pilih tenaga kerja asli daerah karena kalau pendatang biasanya cenderung mengharapkan tingkat kesejahteraan lebih tinggi.

3.      Gunakan sistem Take home job. Istilah ini sama dengan pekerjaan rumahan. Artinya tenaga kerja Anda menjalankan pekerjaan mereka dirumah. Cara ini bisa menekan biaya sewa tempat usaha dan biaya peralatan usaha. Karena biasanya sudah disiapkan sendiri oleh pekerja di rumah.

4.      Temukan sistem produksi yang paling efisien. Dalam berproduksi, pastikan sistem yang Anda jalankan dalam proses produksi memang sudah efisien. Cari tau pada sisi mana mungkin terjadi kebocoran dana dan pemborosan dan lakukan tindakan segera untuk mensiasatinya. Libatkan semua lini produksi untuk membuat sistem yang paling efisien.


DAFTAR PUSTAKA
Hayati, Enty Nur. 2009. Perencanaan Produksi Untuk Meminimalkan Biaya Produksi Dengan Metode Integer Linear Programming. Dalam jurnal dinamika teknik vol. III, No. 1 Januari 2009 35-46. (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=292690&val=545&title=PERENCANAAN%20PRODUKSI%20UNTUK%20MEMINIMALKAN%20BIAYA%20PRODUKSI%20DENGAN%20METODA%20INTEGER%20LINEAR%20PROGRAMMING )
Muslim, Ridwan. 2012. Fungsi Produksi. https://ridwanmuslim.wordpress.com/2012/01/09/fungsi-produksi/ (Diakses : 9 Januari 2012)
Kompasiana. 2015. Cara Eektif Meminimalkan Biaya Produksi. http://www.kompasiana.com/adityarafadhila/cara-efektif-meminimalkan-biaya-produksi_565c0159cf7e613007533ecb (Di akses : 30 November 2015)

Anonim. 2015. Pengertian Produksi, Faktor-faktor, Proses, dan Tujuannya. http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-produksi-faktor-faktor.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.