.

Senin, 06 Maret 2017

Ekonomi Kebutuhan Dasar Masyarakat

@A36-Josephine

Oleh :  JOSEPHINE AURILLIA

Abstrak      
Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat.
Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Semoga dengan diuraikannya keterangan tersebut para pembaca dapat memahami lebih dalam lagi.
Kata kunci :
Pengantar ilmu ekonomi, masalah ilmu ekonomi.                                     

Pendahuluan
                                                         Ilmu Ekonomi
Istilah ekonomi berasal dari bahasa oikos yang berarti keluarga, rumah tangga dan nomos adalah peraturan, aturan, hukum. Secara etimologi (bahasa), pengertian ekonomi adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.  Sedangkan Secara umum, Pengertian Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Seseoran yang dikatakan sebagai teladan ilmu ekonomi adalah dinamakan dengan ahli ekonomi atau ekonom. Ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.
Tindakan ekonomi adalah istilah yang mengacu kepada setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan yang sangat baik, dan sangat menguntungkan. Contohnya: ibu memasak dengan kayu bakar karena harga bahan bakar minyak sangat mahal. Macam-macam tindakan ekonomi adalah terdiri dari dua aspek antara lain sebagai berikut :
  • Tindakan ekonomi rasional, adalah setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan paling menguntungkan, dan kenyataan memang demikian. 
  • Tindakan ekonomi irrasional, ialah setiap usaha manusia berdasarkan dari pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.
Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Macam-macam motif ekonomi adalah terbagi atas dua aspek antara lain sebagai berikut :
  • Motif instrinsik, adalah sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri 
  • Motif ekstrinsik, ialah sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Namun, pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi yaitu :
  • Motif memenuhi kebutuhan 
  • Motif memperoleh keuntungan 
  • Motif memperoleh penghargaan
  • Motif memperoleh kekuasaan 
  • Motif sosial/menolong sesama
Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi berdasarkan asas dengan pengorbanan tertentu dan hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Kegunaan Ilmu Ekonomi
Dalam mempelajari ilmu ekonomi, ada beberapa kegunaan atau manfaat yang akan diperoleh. Manfaat ilmu ekonomi yang pertama adalah membuat seseorang menjadi berpikir dengan benar dalam mengambil setiap keputusan. Hal ini dikarenakan dalam ilmu ekonomi membahas tentang biaya oportunitas (pengorbanan terhadap suatu alternative untuk memilih alternative lainnya), marjinalitas (proses menganalisis biaya tambahan pada setiap pilihan), dan pasar efisien (pasar dimana kesempatan laba terhapus karena banyak orang yang mencari peluang laba yang sama).
Ilmu ekonomi juga berguna untuk memecahkan permasalahan global, misalnya terkait penjualan minyak mentah dan lainnya.Dengan mempelajari ilmu ekonomi, seseorang juga diharapkan mampu menjadi pemilih yang baik.Maksudnya, dengan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam setiap pilihan yang datang kepada orang tersebut.ilmu ekonomi juga berguna untuk membuat seseorang lebih bijak, sebab ketika menentukan sebuah pilihan, seseorang harus mempertimbangkan kepentingan orang lain juga.

Pembagian Ilmu Ekonomi
Setelah mengetahui pengertian dan kegunaan ilmu ekonomi, anda juga perlu mengetahui pembagian ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga pembahasan besar, yakni Ekonomi Teori (Economic Analysis), Ekonomi Terapan (Applied Economic), dan Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economic).
-       Ekonomi teori dapat diartikan sebagai cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang hubungan antar variabel dalam ekonomi.Dalam ekonomi teori ini masih dibagi menjadi dua pembahasan utama yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro.
-                 Ekonomi terapan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang penerapan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.Permasalahan ekonomi yang muncul diharapkan dapat diselesaikan dengan keberadaan ekonomi terapan ini.
-                 Ekonomi deskripsi merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang di dalamnya dibahas tentang kehidupan ekonomi dalam lingkup sebuah negara atau daerah tertentu. Dengan pembahasan ini diharapkan mampu mengevaluasi sistem ekonomi yang diterapkan daerah tersebut, sehingga dapat diperbaiki di masa yang akan datang.
Masalah utama ekonomi.:

a.Barang apa yang harus diproduksi dan berapa banyak?
    Produksi berupa barang dan jasa adalah hasil transformasi berbagai faktor produksi. Barang dan jasa memberikan kegunaan/manfaat bagi pemakai/konsumen.

b. Bagaimana cara memproduksinya?
    Ilmu ekonomi memandang teknologi sebagai faktor penting dalam proses produksi. Namun manfaat tidak ditentukan oleh tingkat kecanggihan. Sebab banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti skala produksi, kemampuan manajemen, iklim, kemampuan financial dan sikap mental. Pilihan teknologi yang digunakan sebaiknya dikaitkan dengan faktor-faktor di atas.

c. untuk siapa barang dan jasa diproduksi?
Keputusan untuk siapa barang dan jasa diproduksi berkaitan erat dengan konsep keadilan masyarakat bersangkutan.  

Unsur unsur dalam ilmu ekonomi

Ilmu ekonomi mengandung unsur-unsur :
a. Adanya keterbatasan alat-alat pemuas kebutuhan
b. Adanya kebutuhan manusia yang terus meningkat dan cenderung tidak terbatas
c. Adanya kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan dan mencapai kemakmuran
d. Keharusan menggunakan pilihan dalam menggunakan alat pemuas kebutuhan
Kasus
Jokowi Harap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Berdampak ke Masyarakat Miskin

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pertumbuhan ekonomi di daerah sudah mulai menggeliat‎ dan mengalami pertumbuhan lebih cepat. Jokowi berharap pertumbuhan ekonomi itu memiliki dampak‎ bagi masyarakat miskin.

"Seperti di Lampung, pertumbuhan ekonominya 5,15 persen, berada di atas pertumbuhan nasional. Pertumbuhan ini berdampak langsung kepada 13,3 persen penduduk miskin yang ada di Lampung," papar Jokowi dalam ratas evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap ekonomi di Lampung terus meningkat dan semakin fokus, utamanya sektor perkebunan dan perikanan yang memberikan 31,4% PDRB Lampung, diikuti industri pengolahan  sebesar 18,8%.

Jokowi mengingatkan, potensi ekonomi di Lampung masih bisa ditingkatkan kembali, apalagi Lampung menjadi daerah penghubung antara pulau Jawa dan Sumatera.

"Dan untuk bisa tumbuh lebih cepat lagi infrastruktur pendukung harus dibenahi, baik infrastruktur transportasi, jalan tol Trans Sumatera, pembangkit listrik, cold storage untuk sektor perikanan, maupun bendungan dan saluran irigasi yang memadai untuk menunjang sektor pertanian," pungkasnya.



Daftar Pustaka
Artikelsiana. 2017.  Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli. Artikelsiana.com. Dalam link http://www.artikelsiana.com/2015/06/pengertian-ekonomi-pendapat-ahli-definisi.html . (Diunduh 6 Maret 2017)

Vidy. 2016. Pengertian Ilmu Ekonomi. Artikel-az.com.  Dalam link  http://artikel-az.com/ilmu-ekonomi/. (Diunduh 26 April 2016)

KP. 2017. Pengertian Ilmu Ekonomi Dan Pembagian Ilmu  Ekonomi. Kitapunya.com. Dalam link http://www.kitapunya.net/2016/01/pengertian-ilmu-ekonomi-dan-pembagian.html.  (Diunduh  3 Maret 2017)

Rakhmatulloh. 2017.  Jokowi Harap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Berdampak ke Masyarakat Miskin. Sindonews.com.  Dalam link https://ekbis.sindonews.com/read/1185684/33/jokowi-harap-pertumbuhan-ekonomi-daerah-berdampak-ke-masyarakat-miskin-1488779685. ( Diunduh 6 Maret 2017)

Rahardja.P, Mandala.M. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. FE-UI. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.