.

Senin, 13 Maret 2017

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Suatu Komoditas


@B24-DHICO

Oleh : Dhico Imtinan Setyowati

Abstrak
Suatu kegiatan ekonomi tidak lepas dari sistem Penawaran. Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi.
Penawaran sangat membantu dalam keberhasilan suatu sistem harga dan kegagalannya. Penawaran memiliki hukum yang berbunyi : bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Dalam pelaksanaannyapun Penawaran diperngaruhi oleh beberapa faktor yaitu, Harga barang itu sendiri, Harga faktor produksi (input prices), Jumlah penjual, Teknologi, Ekspektasi, Tujuan Perusahaan, Pajak

Kata Kunci : Penawaran, Barang dan Jasa, Sistem harga

Pendahuluan
Hanafie (2010) mengemukakan Penawaran (supply) mempunyai arti jumlah dari suatu barang tertentu yang mau dijual pada berbagai kemungkinan harga, dalam jangka waktu tertentu, ceteris paribus. Penawaran menunjukkan jumlah (maksimum) yang mau dijual pada berbagai tingkat harga atau berapa harga (minimum) yang masih mendorong penjual untuk menawarkan berbagai jumlah dari suatu barang. Hubungan antara harga per satuan dan jumlah yang mau dijual dirumuskan dalam hukum penawaran: ceteris paribus, produsen atau penjual cenderung menghasilkan dan menawarkan lebih banyak pada harga yang tinggi daripada pada harga yang rendah.
Dari pengertian Hanafie tersebut menunjukkan bahwa penawaran sangat membantu dalam keberehasilan suatu sistem harga dan kegagalannya. Pada umumnya semakin tinggi harga suatu komoditas, semakin banyak jumlah komoditas tersebut yang akan ditawarkan oleh penjual. Sebaliknya makin rendah harga suatu komoditas makin sedikit jumlah yang ditawarkan oleh penjual.

Permasalahan
Dari pendahuluan tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud penawaran?
2.      Bagaimana bunyi hukum penawaran?
3.      Apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan?

Pembahasan
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan  pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen, pihak produsen menyediakan berbagai barang dan jasa. Barang dan jasa hasil produksi ini kemudian dijual kepada konsumen di pasar menurut tingkat harga tertentu. permintaan bersangkut paut dengan pembelian dan pemakainan sedangkan penawaran bersangkut paut dengan peneyediaan dan penjualan. Jadi penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi.
Hukum Penawaran
Hukum penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
Fungsi penawaran suatu barang atau produk adalah menunjukkan hubungan antara jumlah produksi atau jumlah produk yang di jual disesuaikan dengan perubahan harga (Aemaoen, 1992).

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran barang yaitu :
1.      Harga barang itu sendiri
2.      Harga faktor produksi (input prices)
3.      Jumlah penjual
4.      Teknologi
5.      Ekspektasi
6.      Tujuan Perusahaan
7.      Pajak

1.      Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini terkait dengan hukum penawaran yang menyatakan “Bila harga suatu barang naik, maka jumlah penawaran barang tersebut akan meningkat.Dengan asumsi ceteris paribus.
2.      Harga Faktor Produksi (Input Prices)
Kenaikan harga faktor produksi, seperti tingkat upah yang lebih tinggi, harga bahan baku yang meningkat, atau kenaikan tingkat bunga modal, akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap. Kenaikan ini juga akan mengurangi laba perusahaan.
3.      Jumlah penjual
Jika jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah. Sebaliknya, jika jumlah penjual suatu produk semakin sedikit, maka penawaran produk tersebut akan berkurang.
4.      Teknologi
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang-barang baru.Teknologi menyebabkan peningkatan jumlah penawaran.
5.      Ekspektasi
Bila diperkirakan harga suatu produk akan meningkat, penjual biasanya akan mengurangi penawaran dengan cara menyimpan sebagian barang tersebut.
6.      Tujuan Perusahaan.
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi
7.      Pajak.
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.


Total penawaran agregat suatu komoditas dalam wilayah tertentu merupakan penjumlahan dari seluruh jumlah komonitas, terdiri dari jumlah produksi domistik, jumlah impor dan jumlah stok yang tersedia. Sehingga formulanya dalah sebagai berikut:
QS = PRO + IM + STK
Dimana:
PRO    = Jumlah produksi kedelai domestic (ton);
STOK  = jumlah stok kedelai (ton)

Kesimpulan
1.       Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan  pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu
2.       Hukum penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun.
3.       Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran barang yaitu :
1.      Harga barang itu sendiri
2.      Harga faktor produksi (input prices)
3.      Jumlah penjual
4.      Teknologi
5.      Ekspektasi
6.      Tujuan Perusahaan
7.      Pajak

Daftar Pustaka

Rifa’i, Muhammad. (2010). “Analisis dinamis permintaan dan penawaran komoditas kedelai di jawa timur”. Vol 6. No 1 page. Diambil dari : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=115969&val=5274&title=ANALISIS%20DINAMIS%20PERMINTAAN%20DAN%20PENAWARAN%20%20KOMODITAS%20KEDELAI%20DI%20JAWA%20TIMUR  
Susanti, Rahayu. 2016. Permintaan dan Penawaran. http://rahayusanchi.blogspot.co.id/2016/01/permintaan-dan-penawaran.html. (Diakses pada 12 Maret 2017).
Tri, Handayani. 2010. Pengertian Permintaan dan Penawaran, serta Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. http://ri2-aff.blogspot.co.id/2010/02/pengertian-permintaan-dan-penawaran.html. (Diakses pada 12 Maret 2017).
Dewi, Sri Nanda. 2015. Makalah Permintaan dan Penawaran Terlengkap. http://pelangi1996.blogspot.co.id/2015/05/makalah-permintaan-dan-penawaran.html. (Diakses pada 12 Maret 2017).
Mattjik, Muslimah. Mekanisme Pasar: Permintaan dan Penawaran. Modul. Hlm 7&8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.