.

Senin, 06 Maret 2017

Metode Kuantitatif Analis Fenomena Ekonomi

@B24-Dhico


Oleh : Dhico Imtinan Setyowati

Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga.
Menurut Ace Partadireja Ekonomi berarti suatu ilmu mempelajari tingkah laku manusia menggunakan dan memanfaatkan sumber alam yang ada didunia ini.Ilmu ekonomi telah mengembangkan serangkaian metode kuantitatif untuk menganalisis fenomena ekonomi.
Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah, yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi. Istilah 'metodologi' juga umum digunakan sebagai sinonim dari 'metode'. Metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi antara lain :

·         Metode induktif.
Metode pengambilan kesimpulan dan keputusan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang ada berkaitan dengan peritiwa ekonomi.
·         Metode deduktif
Metode ilmu ekonomi yang dilakukan berdasarkan ketentuan atau prinsip umum untuk menetapkan solusi yang tepat dari suatu masalah ekonomi.
·         Metode matematika
Metode penyelesaian masalah ekonomi melalui pemecahan soal-soal matematis.
·         Metode statistika
Metode penyelesaian masalah ekonomi melalui pengolahan, penjajian dan penafsiran data secara statistik.

Metodologi Ilmu Ekonomi meliputi :
1.    TEORI EKONOMI
Teori adalah pernyataan. Validitas sebuah teori diukur dari kemampuan dan keakuratannya. Ilmu ekonomi menaruh perhatian besar terhadap kemampuan memberi penjelasan dan prediksi atas gejala - gejala yang diamati.Misalnya, bila harga suatu barang naik

2.    MODEL EKONOMI
Berdasarkan teori ekonomi, disusun model ekonomi yang merupakan pernyataan formal sebuah teori. Model ekonomi dapat dinyatakan dengan verbal (kata-kata), diagram, dan matematis. Contoh model ekonomi yang baik adalah Model Siklus Lingkaran Kegiatan Ekonomi atau Circular Flow of Economic Activity

3.    METODE DEDUKTIF DAN INDUKTIF
Metode deduktif adalah metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum.Misalnya, bila harga bawang merah naik, permintaan terhadapnya menurun.Metode induktif adalah metode pengambilan kesimpulan untuk hal-hal umum dari hal-hal khusus.Misalnya, berdasarkan teorinya Adam Smith (Klasik), perekonomian tidak akan mengalami masalah besar dan berlarut-larut karena ampuhnya mekanisme pasar.

4.    CETERIS PARIBUS DAN FALLACY OF COMPOSITION
Ceteris paribus yang berarti faktor-faktor lain dianggap tetap. Misalnya bila harga aqua botol naik, maka akan disimpulkan bahwa permintaan terhadap aqua botol akan menurun. Fallacy of composition memiliki pengertian apa yang baik dalam skala kecil belum tentu baik dalam skala besar (keseluruhan). Misalnya hidup hemat sangat baik bagi individu, tapi jika seluruh individu hidup hemat, maka permintaan agregat (keseluruhan) rendah dan pertumbuhan ekonomi rendah.

5.    EKONOMI POSITIF DAN EKONOMI NORMATIF
Ketika mengamati kondisi nyata, pendekatan yang dilakukan adalah ekonomi positif (positive economics).Pernyataan positif menerangkan tentang hal-hal yang akan terjadi dalam ekonomi. Contoh : “Apabila produksi semen turun, maka harga semen akan naik.” Sedangkan ekonomi normatif (normative economics) digunakan ekonom bila ekonom mulai bertanya bagaimana seharusnya atau bagaimana yang terbaik. Dengan demikian pernyataan normatif adalah suatu  pandangan subjektif atau suatu value judgement. Pernyataan itu bukan mengemukakan pendapat apa yang akan terjadi tetapi mengenai apa yang seharusnya harus terjadi. Contoh : “Usaha menaikkan kesejahteraan masyarakat harus dilakukan dengan berusaha agar tambahan pendapatan dinikmati secara merata oleh seluruh golongan penduduk.”



Daftar Pustaka


(Anonym). Pengertian, Pembagian, dan Metodologi Ilmu Ekonomi. 2016. http://www.mahkotasains.com/2016/10/pengertian-pembagian-dan-metodologi-ilmu-ekonomi.html. (Diakses 1 Maret 2017)

Dimaz, Rakhmat. Definisi dan Metodoli Ekonami. 2010. http://d1maz.blogspot.co.id/2010/04/ilmu-ekonomi-adalah-ilmu-yang.html. (Diakses 1 Maret 2017).

Aritonang, Sugi. Metodologi Ekonomi. 2016. http://artonang.blogspot.co.id/2016/05/metodologi-ekonomi.html. (Diakses 1 Maret 2017).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.