.

Selasa, 18 April 2017

MADALAH PREKONOMIAN DI SULAWESI UTARA


@A33-Alamsyach

Abstrak
Masalah kemiskinan menjadi masalah utama dan penting karena kemiskinan menyangkut kesenjangan dan pengangguran.
Perlu kita ketahui sebagian besar penduduk miskin di Asia Tenggara tinggal di Indonesia.
Salah Penanggulangan kemiskinan ditempatkan secara utuh dalam rangka penyelenggaraan pembangunan nasional. Program penanggulangan kemiskinan harus bertumpu pada peran serta aktif dan produktivitas rakyat diupayakan untuk menumbuhkan kemandirian penduduk miskin. Pemerintah Indonesia dan berbagai pihak terkait lainnya patut mendapat acungan jempol atas berbagai usaha yang telah dijalankan dalam membentuk strategi penanggulangan kemiskinan. Segala program penanggulangan kemiskinan yang telah dan akan dilakukan pemerintah sudah sepatutnya kita dukung bersama.
                                            
Pendahuluan
Kemiskinan merupakan hal yang kompleks karena menyangkut berbagai macam aspek seperti hak untuk terpenuhinya pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Agar kemiskinan di Indonesia dapat menurun diperlukan dukungan dan kerja sama dari pihak masyarakat dan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah ini.
Kondisi kemiskinan di Indonesia sangat memprihatinkan. Hal ini ditandai dengan rendahnya kualitas hidup penduduk, terbatasnya kecukupan dan mutu pangan, terbatasnya dan rendahnya mutu layanan kesehatan, gizi anak, dan rendahnya mutu layanan pendidikan. Oleh karena itu, perlu mendapat penanganan khusus dan terpadu dari pemerintah bersama-sama dengan masyarakat.

Rumusan Masalah
Dari pendahuluan tersebut maka dapat dirumuskan masalah sebagi berikut :
1.      angka kemiskinan di Sulawesi utara ?
2.      Apa yang dimaksud dengan kemiskinan?
3.      Apa saja penyebab kemiskinan di Sulawesi utara ?

ANGKA KEMISKINAN DI SULAWESI UATARA
Angka kemiskinan di Sulawesi Utara (Sulut) mencapai 8,98 persen atau sekitar 216.608 jiwa dari total populasi penduduk sebanyak 2.412.118 jiwa. "Hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk mengerahkan segenap kemampuan yang ada dalam memerangi kemiskinan ini," kata Gubernur Olly Dondokambey pada rapat koordinasi persiapan pencanangan percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran di Manado, Senin.

Gubernur mengatakan, pengembangan daerah telah diarahkan pada pencapaian visi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2016-2021. "Visi ini diarahkan untuk mewujudkan Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik serta berkepribadian dalam budaya. Diharapkan segenap jajaran pemerintahan memahami serta mendukung secara penuh pencapaiannya," katanya.
Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang terpilih menjadi gubernur pada pilkada 9 Desember lalu ini mengatakan, dalam waktu dekat akan dicanangkan "Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan" di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Strategi yang akan diambil kata dia, di antaranya mempertajam efisiensi program perlindungan sosial, meningkatkan akses terhadap pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin serta menciptakan pembangunan yang inklusif. "Nantinya target pengentasan kemiskinan Sulut akan ditekan hingga angka 5,1 persen dan pengangguran 6,3 persen pada tahun 2019," ujarnya.  Senada Wakil Gubernur Steven Kandouw mengatakan, dalam mengentaskan kemiskinan diharapkan kepala satuan kerja perangkat daerah membantu gubernur dengan melakukan survei lapangan penduduk miskin yang perlu dibantu. "Instansi vertikal yang memiliki program CSR agar menyalurkan program tersebut tepat sasaran," harapnya. Ke depan, ujar dia, pemerintah akan fokus dalam pengentasan kemiskinan agar visi dan misi gubernur dan wakil gubernur membangun daerah terwujud dengan baik.
APA ITU KEMISKINAN
Kemiskinan adalah keadaan terjadinya ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan gambaran dari kondisi sulit seperti kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, kesehatan, kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Kemiskinan bukan hal baru, kemiskinan adalah hal umum yang menyangkut masalah ekonomi, agama, sosial, politik, dah paham-paham lainnya. Kemiskinan tidak memandang usia, mulai dari balita, remaja, orang dewasa dan orang tua. Kemiskinan terjadi dimana-mana, dikota, didesa, dan di Negara seluruh dunia.
KEMISKINAN DISEBABKAN OLEH BEBERAPA FAKTOR
seperti   penyebab individual yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku, pilihan, atau kemampuan dari si miskin, penyebab keluarga yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga, penyebab sub-budaya yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar, penyebab agensi, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain, termasuk perang, pemerintah, dan ekonomi.
CONTOH KEMISKINAN
 sangat beragam karna disetiap daerah pasti ada kemiskinan. Pengemis dan pengamen, mereka meminta uang kepada org lain dengan menadahkan tangan dan bernyanyi di lokasi-lokasi umum seperti dijembatan penyebrangan, dijalanan, dikolong jembatan, dilampu merah, dibis, sekitar kampus, kantor, sekolah dan banyak lokasi lainnya. Contoh lain adalah penduduk yang tinggal dibantaran kali, dekat pembuangan sampah, dikolong jembatan, dan dilingkungan biasa yang kekurangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

DAFTAR PUSTAKA
NurulH(T.K011/B/N005/N005)29-02-2016 21:46:29Editor: GuidoMerunghttp://manado.antaranews.com/berita/29314/angka-kemiskinan-sulawesi-utara-capai-898-persen(diakses pada tanggal 17,04,2017)
(di akses pada 17,04,2017)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.