.

Selasa, 18 April 2017

Inflasi Pada Triwulan II 2016 di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah

@B30-Putri

Oleh : Putri Ayu

ABSTRAK

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk memenuhi tugas perkuliahan dan sekaligus untuk menambah pengetahuan mengenai perkembangan sektor perekonomian di Provinsi Sulawesi Tengah.
Sektor perekonomian yang akan dibahas pada kali ini ialah mengenai inflasi daerah pada Provinsi Sulawesi Tengah dengan menggunakan data yang ditinjau oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada  2016 kemarin.  Tercatat bahwa pada tahun kemarin tingkat inflasi yang terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah mengalami peningkatan pada akhir triwulan II 2016, tekanan inflasi tahunan Kota Palu tercatat sebesar 4,21% (yoy) lebih rendah dibandingkan inflasi triwulan sebelumnya sebesar 6,03% (yoy). Tekanan inflasi triwulan I 2016 dipengaruhi oleh naiknya harga beras pada keseluruhan bulan di beberapa faktor yang mendorong adanya tekanan inflasi adalah adanya libur panjang di awal pertengahan triwulan II 2016 dan liburan Idul Fitri. Di samping itu, faktor cuaca dengan curah hujan tinggi memberi tekanan pada inflasi ikan segar. Disparitas harga antar daerah juga menjadi hal krusial yang menyebabkan hasil panen petani banyak terserap ke luar Sulawesi Tengah sehingga pasokan ke Kota Palu berkurang dan membuat indeks harga terutama sub-kelompok bumbu-bumbuan di kota palu meningkat.
Keywords: sektor perekonomian, inflasi, Sulawesi Tengah

PENDAHULUAN
Kota Palu merupakan Ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah. Sulawesi Tengah sendiri merupakan Provinsi yang ke-27 dari 35 provinsi yang ada di Indonesia,dengan jumlah penduduk 342,754 jiwa. Akan tetapi,dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak ini, Sulawesi Tengah mampu mengembangkan sektor perekonomian yang dibuktikan bahwa pada tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Sulteng tertinggi Se-Sulampapua. Namun, pertumbuhan ekonomi yang pesat ini hanya didominasi oleh sektor pertambangan, jikalau kita melihat dari sektor-sektor yang lain seperti, sektor pariwisata, sektor kesehatan, dan sektor sandang masih mengalami inflasi. Ada beberapa faktor yang akan dibahas di artikel ini mengenai penyebab terjadinya inflasi di berbagai sektor tersebut.

PERMASALAHAN
·         Bagaimana perkembangan inflasi secara umum?
·         Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan adanya tekanan inflasi?
·         Bagaiamana perkembangan inflasi menurut kelompok barang dan jasa?

PEMBAHASAN
A.      Bagaimana perkembangan inflasi secara umum?
1.       Inflasi tahunan Kota Palu pada triwulan II 2016 tercatat sebesar 4,21% (yoy),lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi tahunan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 6,03% (yoy). Realisasi inflasi tahunan pada akhir triwulan II 2016 tercatat sebagai realisasi inflasi terendah selama lima tahun terakhir. Meningkatnya tekanan inflasi terutama didorong oleh adanya libur panjang di awal pertengahan triwulan II 2016 dan liburan idul fitri. Faktor cuaca dengan curah hujan tinggi memberi tekanan pada inflasi ikan segar. Selain itu, disparitas harga antar daerah juga menyebabkan hasil panen petani banyak terserap ke luar Sulawesi Tengah sehingga pasokan ke Kota Palu berkurang dan membuat indeks harga terutama sub-kelompok bumbu-bumbuan di Kota Palu meningkat. Pada bulan Mei 2016 tercatat bahwa realisasi inflasi pada bulan merupakan realisasi inflasi tertinggi dalam triwulan 1 sampai dengan triwulan II 2016. Faktor utama yang menyebabkan inflasi pada bulan Mei ini tinggi ialah berkurangnya pasokan ikan segar ke Kota Palu. Kurangnya pasokan ikan segar di Kota Palu ini disebabkan karena nelayan-nelayayn Sulawesi Tengah yang sebagian besar masih menggunakan peralatan tradisional sehingga tidak bisa mendapatkan tangkapan seperti biasanya dikarenakakn faktor cuaca yang tidak kondusif. Dan  realisasi inflasi pada bulan juni menunjukkan tingkat inflasi yang lebih rendah dibanding inflasi sebelumnya. Namun,walaupun mengalami penurunan tetapi inflasi tetaplah terjadi, inflasi pada bulan Juni ini diakibatkan karena adanya libur Hari Raya Idul Fitri yang meningkatkan permintaan terhadao transportasi udara.
Jadi, secara umum dapat disimpulkan bahwa faktor utama dari penyebab inflasi pada bulan Mei dan bulan Juni ialah adanya efek libur panjang pada awal pertengahan triwulan II serta adanya libur hari raya idul fitri, dan juga adaya peralihan musim dari El-nino menjadi La-Nina.
2.       Pada periode Triwulan II bulan April mengalam deflasi. Deflasi ini terjadi karena didorong pasokan bahan makanan yang melimpah dari sentra produksi pertanian dan juga pendorong utama terjadinya deflasi bulan April ini ialah kelompok transportasi, komunikasi,dan jasa keuangan yang terjadi karena adanya efek pada penetapan harga BBM dari pemerintah.
B.      Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan adanya tekanan inflasi?
1)      Tekanan inflasi dari sisi penawaran
·         Kondisi cuaca yang kurang kondusif mendorong tekanan inflasi dari sisi penawaran
Kondisi cuaca yang kurang kondusif menyebabkan nelayan tidak bisa menangkap ikan dilaut dan pasokan ikan segar mengalami kekurangan sehingga memberikan tekanan inflasi pada komoditas ikan segar di Kota Palu.
·         Disparitas harga antar daerah membuat hasil produksi petani banyak terserap ke luar Sulawesi Tengah
Disparitas harga antar daerah juga menjadi hal krusial yang menyebabkan hasil panen petani banyak terserap ke luar Sulawesi Tengah sehingga pasokan ke Kota Palu berkurang dan membuat indeks harga terutama sub-kelompok bumbu-bumbuan di kota palu meningkat.
2)      Tekanan inflasi dari sisi permintaan
·         Konsumen di Kota Palu menunjukkan optimisme yang lebih baik terhadap kegiatan konsumsinya
·         Tingkat penghasilan masih berada pada level optimis

C.      Bagaimana perkembangan inflasi menurut kelompok barang dan jasa?
·         Inflasi tahunan kelompok bahan makanan pada triwulan II 2016 cukup terjaga
Inflasi pada kelompok bahan makanan mengalami peningkatan di awal triwulan II ini disebabkan karena adanya kelangkaan ikan segar.

·         Inflasi dari kelompok transportasi,komunikasi,dan jasa keuangan cukup tinggi
Hal tersebut terjadi karena adanya permintaan masyarakat terhadap angkutan udara yang bertepatan dengan libur panjang awal bulan mei dan libur hari raya idul fitri.

·         Inflasi dari kelompok makanan jadi, minuman,rokok,dan tembakau
Inflasi pada sub-kelompok minuman tidak beralkohol didorong oleh inflasi dari komoditas gula pasir yang mengaami peningkatan.
·         Inflasi pada kelompok perumahan,air,listrik,gas dan bahan bakar
Kenaikan komoditas pembasmi nyamuk bakar merupakan salah satu faktor yang mendorong terjadinya inflasi

·         Tingkat inflasi tahunan dan inflasi bulanan pada kelompok sandang relatif terkendali
Sub-kelompok barang dimana komoditas emas perhiasan menjadi pendorong utama kenaikan IHK.

·         Inflasi kelompok kesehatan
Kenaikan indeks tertinggi didorong oleh kenaikan indeks pada komoditas obat flu dan komoditas bedak.

PENUTUPAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa tingkat inflasi yang terjadi di Sulawesi Tengah belum mencapi tingkat inflasi parah, karena tingkat inflasi yang terjadi di Sulawesi Tengah ini tidak memengaruhi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah secara besar-besaran. Selain itu, tidak semua inflasi itu berdampak negatif ada juga yang berdampak positif, seperti pada pembahasan diatas adanya permintaan yang tinggi terhadap angkutan udara, dengan permintaan yang tinggi tersebut Sulawesi Tengah mampu mengambil kesempatan bagi pemasukan daerah nya dari turis-turis yang datang ke Sulawesi Tengah.


DAFTAR PUSTAKA
Nadjemuddin Adha, 2016, pertumbuhan ekonomi Sulteng tertinggi se-sulampapua, m.antarasulteng.com/berita/26297/pertumbuhan-ekonomi-sulteng-tertinggi-se-sulampapua ,antara sulteng.com
Sihombing Martin, 2016. Wakil presiden: lebih baik inflasi daripada deflasi. m.bisnis.com/finansial/read/20160301/9/524229/wakil-presiden-lebih-baik-inflasi-daripada-deflasi .finansial
Malaha Rolex. 2016. BI: Sulteng sukses kendalikan inflasi. M.antara.sulteng.com/berita/27408//bi-sulteng-sukses-kendalikan-inflasi . antarasulteng.com

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.