.

Selasa, 18 April 2017

Laju Perekonomian DKI Jakarta

@B15-Fahlevi

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara Republik Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi.
Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung PriokSunda Kelapa, dan Ancol.(sumber wikipedia)
Di tengah pelemahan ekonomi global, perekonomian DKI Jakarta dapat tumbuh stabil. Sesuai dengan kisaran perkiraan Bank Indonesia sebelumnya, angka PDRB DKI Jakarta pada tahun 2016 tercatat tumbuh 5,85 persen secara setahunan (yoy).
Perkembangan ini relatif tidak berbeda jika dibandingkan dengan capaian pertumbuhan ekonomi tahun 2015 yang mencapai 5,89 persen (yoy).
Pertumbuhan ekonomi didorong oleh membaiknya konsumsi rumah tangga, sejalan dengan terjaganya daya beli masyarakat yang ditopang oleh terkendalinya inflasi DKI Jakarta tahun 2016. Membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional yang didorong oleh daerah penghasil sumber daya alam juga turut menopang pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta, dengan net perdagangan antardaerah yang meningkat cukup tinggi.
Di samping itu, pertumbuhan ekonomi juga ditopang oleh konsumsi Lembaga Non-Publik yang melayani Rumah Tangga (LNPRT), sejalan dengan berlangsungnya serangkaian kegiatan terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah.  (sumber  infobanknews.com)
Faktor yang mempengaruhi menguatnya perekonomian DKI Jakarta
1.       DKI Jakarta merupakan ibukota negara Republik Indonesia, dan juga sebagai pusat bisnis yang besar sehingga dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi di DKI Jakarta
2.       Banyaknya insvestor yang menanamkan modal di Jakarta

3.       Selain sebagai pusat bisnis jakarta juga menjadi pusat pemerintahan 

      daftar pustaka
    wikipedia, 2016, DKI Jakarta, https://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta, (diakses tgl 17 april)
    yoga,paulus, 2017, perekonomian DKI Jakarta tumbuh stabil pada 2016, http://infobanknews.com/perekonomian-dki-jakarta-tumbuh-stabil-pada-2016/, (diakses tgl 17 april)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.