.

Senin, 10 April 2017

Pasar Persaingan Sempurna

@A30-Tania

Oleh : Tania Iswara

ABSTRAK
Pasar persaingan sempurna (PPS) merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap system pasar ini akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi harang-barang dan jasa-jasa yang sangat tinggi efisiensinya dibandingkan dengan struktur pasar yang lain seperti monopoli.
Karena sifatnya menguntungkan bagi penjual dan pembeli, seringkali para ekonom mengharapkan terciptanya pasar persaingan sempurna. Pola transaksi dalam kehidupan sehari dan, ada berbagai transaksi pasar yang biasa ditemui

Kata Kunci : Pengertian, Karakteristik, Ciri-Ciri, Kelebihan & Kekurangan, Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar terbagi dalam dua bentuk, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan kondisi penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen, sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli. Contohnya, seperti perusahaan kecil yang jumlahnya sangat banyak dan menjual atau memproduksi jenis barang yang sama seperti beras, gandum, kentang, dan sebagainya.
Pasar persaingan tidak sempurna atau pasar monopolistik adalah suatu pasar dimana penjual dapat mengontrol harga jual barang karena sifatnya yang eksklusif. Contohnya , seperti perusahaan Apple yang menjual iPhone dan MacBook.
Struktur pasar persaingan sempurna cenderung imbang, karena baik penjual maupun pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar.
Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :
1.     Semua perusahaan memproduksi barang/produk yang homogen. Produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
2.     Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna. Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual sehingga konsumen tidak akan mengelami perlakuan harga jual yang berbeda dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
3.     Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
4.     Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar dengan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar karena perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
5.     Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar, hal ini disebabkan oleh adanya faktor mobilitasnya tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna mempunyai ciri-ciri khusus, di antaranya yaitu sebagai berikut.
  • Terdapat banyak pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli ataupun penjual tidak bisa mempengaruhi harga pasar.
  • Banyaknya barang yang diperdagangkan yang sifatnya homogen, artinya konsumen beranggapan bahwa barang-barang yang diperjua lbelikan mempunyai kualitas yang sama.
  • Informasi pasar lengkap, yang artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui tentang mutu, harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan.
  • Harga ditentukan oleh sebuah mekanisme permintaan dan penawaran, yang artinya pembeli bebas mengambil suatu keputusan untuk membeli atau tidak terhadap barang, begitu juga penjual juga mempunyai kebebasan untuk menjual barang dan jasa.
  • Bebas dari campur tangan pemerintah, yang artinya pemerintah tidak turut campur tangan dalam menentukan harga di pasar.
  • Timbulnya suatu kekuatan tersendiri di dalam pasar, yang artinya tidak ada kekuatan luar, baik pemerintah maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi sebuah keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli.

MEMBEDAKAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN TIDAK SEMPURNA
Jenisnya ada tiga, yakni pasar monopoli, oligopoli, dan monopolistik. Bila di pasar persaingan sempurna jumlah penjual dan pembeli imbang, maka di pasar persaingan tidak sempurna berlaku sebaliknya. Contohnya:
1.       Pasar monopoli: Penjual hanya satu dan berhadapan dengan banyak sekali pembeli, contohnya seperti Pertamina. Perusahaan monopoli umumnya tak memiliki barang pengganti yang dekat dan bisa menentukan harga pasaran sesuai kebutuhan dan keinginannya.
2.       Pasar oligopoli: Sejumlah produsen menguasai seluruh permintaan pasar. Jumlah perusahaan umumnya lebih dari dua dan tidak lebih dari 10. Contohnya industri semen Indonesia. Di pasaran dikenal ada Semen Gresik, Semen Holcim, Semen Indocement, dan sebagainya.
3.       Pasar monopolistik: Sejumlah besar penjual menawarkan produk yang sama. Pasar dengan sifat monopoli pada spesifikasi barang, namun berbeda pada beberapa aspeknya. Contohnya banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan. Misal jasa salon, ojek online, toko kelontong, dan lain-lain. Model pasar persaingan monopolistik hampir serupa dengan pasar persaingan sempurna. Bedanya, dalam monopolistik dikenal perbedaan produk, sehingga produk tampil sama tapi tak serupa.

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna juga mempunyai kelebihannya, yaitu sebagai berikut :
  • Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak suatu kegiatan saling menyaingi antar pembeli.
  • Penjual tidak mungkin mengadakan suatu persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalahialah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami suatu penurunan harga.
  • Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya suatu homogenitas barang.
  • Sebuah informasi tentang pasar sudah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  • Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun.

Kekurangan pasar persaingan sempurna
Selain memiliki beberapa kelebihannya, pasar persaingan sempurna memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut:
  • Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi bisa dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.
  • Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan ialah seratus persen sama, sehingga membuat konsumen memiliki pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
  • Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.

Contoh pasar persaingan sempurna
Dalam kenyataan sehari-hari bentuk pasar yang benar-benar bersifat persaingan sempurna sangat sulit ditemukan, yang ada hanyalah kecenderungan mendekati ke bentuk pasar persaingan sempurna. Contoh konkret bentuk pasar yang paling mendekati pasar persaingan sempurna adalah pasar barang-barang atau komoditii makanan pokok, seperti pasar berass. Dlam pasar beras dapat dijelaskan hubungan antara penjual/produsen dengan pembeli atau konsumen dapat dikatakan mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagai berikut :

§  Dalam pasar komoditi beras jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
§  Penjual dan pembeli secara perorangan tidak akan mampu mempengaruhi harga
§  Komoditi beras dapat dikatakan komoditi yang relatif homogen, kalaupun ada perbedaan rasa atau mutu akan berakibat adanya perbedaan harga.
§  Harga yang terbentuk pada pasar beras adalah hasil kekuatan tarik-menarik antara penawaran beras dan permintaan beras. Walaupun kenyataannya di Indonesia masih ada campur tangan pemerintah dalam stabilisasi harga beras, yaitu melalui peran Bulog (badan urusan logistik), namun peran Bulog inipun sudah semakin kecil. 

Adanya campur tangan pemerintah dalam pengendalian harga komoditas pertanian seperti beras sebenarna menjadikan pasar beras kurang tepat kalu disebut dengan persaingan sempurna, lebih tepatnya hanya mendekati pasar persaingan sempurna.

Daftar Pustaka
1. Hidayat, Rahmat. 2015. Pasar Persaingan Sempurna. 
http://www.kitapunya.net/2015/08/pasar-persaingan-sempurna-pengertian-ciri-contoh.html  (diakses 10 April 2017) 
2. Bitar. 2016. Pengertian, Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya Lengkap. 
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-persaingan-sempurna-beserta-contohnya-lengkap/  (diakses 10 April 2017)
3, Putra, Michael. 2016. Pasar Persaingan Sempurna. 
https://www.sayanda.com/pasar-persaingan-sempurna/ (diakses 10 April 2017)
4. Biazza, Oto. 2012. Pasar Persaingan Sempurna 
http://otobiazza.blogspot.co.id/2012/10/artikel-pasar-persaingan-sempurna.html (diakses 10 April 2017)
5. Wikipedia. 2016. Pasar Persaingan Sempurna. 
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna (diakses 10 April 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.