.

Senin, 19 Juni 2017

Investasi & Perekonomian Indonesia

@A38-RIKI
Oleh Riki Ramadhan


Abstrak

Investasi ?. Mungkin kita banyak bertanya apa itu investasi ?. Ya, sebelum mengenal investasi kita harus mengetahui apa sebenarnya investasi itu.
Mulai dari situ berlanjut kepada faktor apa yang mempengaruhinya, tujuan, manfaat, bagaimana hubugan antara investasi dan perekonomian dalam masyarakat dan lebih jauh bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari investasi tersebut bagi negara yang bersangkutan.Semua hal tersebut perlu diketahui demi kelancaran investasi dan perekonomian negara tersebut.

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan zaman, investasi bukanlah hal yang asing di tengah-tengah masyarakat. Beberapa individu, kelompok bahkan semuanya telah mengenal dan melakukan apa itu yang namanya investasi tak terkecuali dalam suatu negara. Sebagaimana yang kita ketahui investasi adalah memberikan sesuatu kepada orang lain untuk dikembangkan dan hasil dari sesuatu yang dikembangkan tersebut akan dibagi sesuai dengan yang dijanjikan. Pada era sekarang banyak negara-negara melakukan kegiatan investasi tersebut dalam rangka membangun perekonomian negara mereka.

Rumusan Masalah

1.      Apa itu Investasi ?
2.      Faktor apa saja yang mempengaruhi Investasi ?
3.      Bagaimana hubungan antara investasi dan perekonomian suatu negara ?
4.      Apa dampak positif dan dampak negatif investasi bagi negara Indonesia ?

Pembahasan

Investasi berasal dari kata investire yang berarti memakai atau menggunakan. Berdasarkan arti katanya pengertian investasi adalah memberikan sesuatu kepada orang lain untuk dikembangkan dan hasil dari sesuatu yang dikembangkan tersebut akan dibagi sesuai dengan yang dijanjikan.
Faktor yang mempengaruhi investasi :
§  Pengaruh tingkat inflasi
Inflasi adalah harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadinya penurunan nilai uang dalam negeri. Hal ini sangat merugikan para investor yang melakukan investasi karena akan mengurangi rata-rata masa jatuh pinjam modal. Selain itu juga akan meningkatkan resiko proyek investasi.
§  Pengaruh nilai tukar
Nilai tukar mata uang domestik akan sangat mempengaruhi investasi. Dari segi permintaan, penurunan tingkat nilai tukar mata uang domestik akan mengurangi investasi. Namun, nilai tukar mata uang domestik akan mendorong perluasan investasi pada barang barang perdagangan jika dari sisi penawaran.
§  Tingkat suku bunga
Suku bunga yang turun akan menarik para investor untuk berinvestasi. Ketika tingkat suku bunga turun biasanya para investor meminjam modal dari bank untuk diinvestasikan.
§  Pengaruh infrastruktur
Keadaan infrastruktur dapat mengundang para investor untuk menanamkan modalnya. Banyak negara yang mengundang para investor untuk menanamkan modalnya pada sektor sarana dan prasarana atau infrastruktur. Baik dibidang trasprotasi seperti, jalan, pelabuhan, terminal, bandar udara, dan sebagainya. Bidang komunikasi berupa jaringan telepon kaber atau nirkabel, pos, jaringan internet. Bidang utilitas seperti, tersedianya air bersih, listrik, dan lain-lain. Investasi yang dilakukan berupa pembiayaan dalam mata uang asing atau rupiah.
§  Pengeluaran pemerintah
Pengeluaran pemerintah ini berupa pembelian barang dan jasa oleh pemerintah daerah. Pemerintah diperlukan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian.
Menurut Todaro (2003), pertumbuhan merupakan fungsi dari investasi, hal ini dikarenakan tingkat pertumbuhan ekonomi dan investasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan. Semakin besar investasi maka semakin besar tingkat pertumbuhan yang dicapai. Sebaliknya semakin tinggi pertumbuhan ekonomi semakin besar pendapatan yang dapat ditabung dan investasi akan meningkat, ini merupakan investasi fungsi dari pertumbuhan ekonomi.
Menurut  Sukirno  (2000)  kegiatan investasi  yang  dilakukan  oleh  masyarakat secara  terus  menerus  akan  meningkatkan kegiatan  ekonomi  dan  kesempatan  kerja, meningkatkan  pendapatan  nasional  dan meningkatkan  taraf  kemakmuran masyarakat.  Peranan  ini  bersumber  dari tiga fungsi penting dari kegiatan investasi, yakni  (1)  investasi  merupakan  salah  satu komponen  dari  pengeluaran  agregat, sehingga  kenaikan  investasi  akan meningkatkan  permintaan  agregat, pendapatan  nasional  serta  kesempatan kerja;  (2)  pertambahan  barang  modal sebagai  akibat  investasi  akan  menambah kapasitas  produksi;  (3)  investasi  selalu diikuti oleh perkembangan teknologi.
Dengan adanya Investasi pemerintah mendapatkan penghasilan dari pajak yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat seperti yang tercantum dalam APBN(Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sedangkan masyarakat diuntungkan dengan tersediannya lowongan pekerjaan.
Semakin banyak investor dalam negeri maupun asing yang menanamkan modalnya di indonesia, itu berarti dalam sektor industri mengalami pertumbuhan. Sehingga semakin luas kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia, serta Indonesia sedikit demi sedkit mampu mengurangi ketergantungannya terhadap negara lain. Dari segi pemenuhan kebutuhan yang dibutuhkan.
Dengan masuknya investasi asing di Indonesia tidak selamanya akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif yang merugikan bagi bangsa Indonesia, yaitu dimana Perusahaan asing yang dikelola oleh pihak asing, maka kebijakan manajemennya sesuai dengan operasional perusahaan asing. Perusahaan asing mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dan keuntungannya dibawa ke negaranya yang tentunya dapat meninmbulkan kerugian bagi negara Indonesia.
Namun semua dampak negatif dari adanya penanaman modal asing di Indonesia sebenarnya itu dapat diminimalisir, apabila pemerintah dan masyarakat Indonesia mampu menangani dengan baik dan memetik pelajaran dari para investor asing tersebut. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya dari Pengaruh investor asing bagi peningkatan pembangunan ekonomi nasional dapat dilihat dari pendapatan nasional maupun pendapatan perkapita yang dihasilkan negara dari investasi tersebut.
Dengan masuknya modal asing, pemerintah dapat melakukan pembangunan. Pembangunan tersebut diantaranya perbaikan infrastruktur. Modal pembangunan infrastruktur tersebut diperoleh dari penerimaan pajak. Pajak tersebut diperoleh dari deviden dan bunga obligasi yang yang diterima oleh investor asing yang melakukan investasi di indonesia baik investasinya secara langsung maupun investasi tidak langsung yaitu berupa penanaman saham korporasi, surat obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Utang Negara (SUN). Hal ini sudah diatur dalam undang-undang. Besarnya pajak yang sudah diatur pemerintah tersebut akan masuk ke APBN dan dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. Jika infrastruktur di Indonesia baik maka akan berpengaruh pada mudahnya akses industri di Indonesia. Jika infrastruktur baik, dan industri Indonesia mendapatkan modal yang cukup sehingga mampu memproduksi barang sesuai permintaan konsumen.

Kesimpulan

Pertumbuhan merupakan fungsi dari investasi, hal ini dikarenakan tingkat pertumbuhan ekonomi dan investasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan. Semakin besar investasi maka semakin besar tingkat pertumbuhan yang dicapai. Sebaliknya semakin tinggi pertumbuhan ekonomi semakin besar pendapatan yang dapat ditabung dan investasi akan meningkat, ini merupakan investasi fungsi dari pertumbuhan ekonomi. Investasi memiliki dampak positif dan negatif bagi Indonesia, Indonesia harus teliti melihat persoalan itu dalam rangka membangun perekonomian suatu negara.

Daftar Pustaka

Wordpress.2015.carainvestasibisnis. Dalam link http://carainvestasibisnis.com/definisi-dan-pengertian-investasi/ (Diunduh tanggal 13 Mei 2017)

Belajarinvestasi.2017. Dalam link http://belajarinvestasi.my.id/faktor-yang-mempengaruhi-investasi/ (Diunduh tanggal 13 Mei 2017)

Abstraksiekonomi.2013.pengertianinvestasidanpertumbuhanekonomi. Dalam link http://abstraksiekonomi.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-investasi-dan-pertumbuhan.html (Diunduh tanggal 13 Mei 2017)

ChairiniaFrista.2015.pengaruhinvestasiterhadappertumbuhanekonomiindonesia. Dalam link  http://bahasaindonesiabisnis.blogspot.co.id/2015/12/pengaruh-investasi-terhadap-pertumbuhan.html (Diunduh tanggal 13 Mei 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.