.

Selasa, 11 Juli 2017

Cara mengatasi pengangguran

Abstrak
Kekayaan alam yang ada di Indonesia sangatlah beraneka ragam dan berhak kita kelola dengan sebaik-baiknya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.
Tetapi dibalik kebahagiaan tersebut, terdapat banyak masalah yang menimpa negeri ini. Masalah tersebut adalah tidak meratanya jumlah penduduk, tingginya jumlah penduduk, rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, kriminalitas merajalela dan masih banyak lagi. Hal ini sangat mengkhawatirkan nama baik bangsa ini dan mengganggu perekonomian bangsa Indonesia. Masalah yang saya bahas di sini adalah tentang pengangguran di Indonesia.
Pendahuluan
Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk  yang sangat banyak. Indonesia juga kaya akan sumber kekayaan alamnya. Hal ini membuat Indonesia pantas disebut sebagai negara yang kaya akan sumber daya manusia dan sumber daya alamnya. Sumber daya alam yang dimiliki Bangsa Indonesia berhak diolah oleh masyarakatnya dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan sumber daya manusianya. Namun masalah di Indonesia tampaknya semakin hari semakin rumit. Masalah yang terjadi di negara kita ini tiada habisnya. Semakin hari semakin bertambah dan semakin rumit. Salah satunya adalah persebaran penduduk yang tidak merata.
Pengangguran di Indonesia
Pengangguran merupakan salah satu masalah yang ada di negeri kita. Banyaknya pengangguran menjadikan Indonesia terkenal dengan kemiskinannya. Semakin banyaknya pengangguran keadaan ekonomi bangsa kita semakin buruk. pengangguran di Indonesia terus meningkat sampai mencapai titik yang mengkhawatirkan.
Pentingnya Membentuk Jiwa Wirausaha
Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa:
Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang mlindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social.
Cara Mengatasi Pengangguran
Secara umum cara mengatasi pengangguran adalah dengan meningkatkan investasi, meningkatkan kualitas SDM, transfer teknologi dan penemuan teknologi baru, pembenahan perangkat hukum dalam bidang ketenagakerjaan, dan lainlain. Secara teknis kebijakan upaya-upaya ke arah itu dapat ditempuh dengan berbagai kebijakan misalnya :
1. Menyelenggarakan bursa pasar kerja
Bursa tenaga kerja adalah penyampaian informasi oleh perusahaan-perusahaan atau pihak-pihak yang membutuhkan tenaga kerja kepada masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar terjadi komunikasi yang baik antara perusahaan dan pencari kerja. Selama ini banyak informasi pasar kerja yang tidak mampu tersosialisasikan sampai ke masyarakat, sehingga mengakibatkan informasi lowongan kerja hanya bisa diakses oleh golongan tertentu.
2. Menggalakkan kegiatan ekonomi informal
Kebijakan yang memihak kepada pengembangan sektor informal, dengan cara mengembangkan industri rumah tangga sehingga mampu menyerap tenaga kerja. Dewasa ini telah ada lembaga pemerintah yang khusus menangani masalah kegiatan ekonomi informal yakni Departemen Koperasi dan UKM. Selain itu dalam pengembangan sektor informal diperlukan keterpihakan dari Pemda setempat.
3. Meningkatkan mutu pendidikan
 Mendorong majunya pendidikan, dengan pendidikan yang memadai memungkinkan seseorang untuk memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik. Dewasa ini sesuai dengan perintah undang-undang, pemerintah diamanatkan untuk mengalokasikan dana APBN sebesar 20% untuk bidang pendidikan nasional.
Cara mengatasi pengangguran musiman
1.  Berikan informasi jika ada lowongan kerja disektor lain
2.  Lakukan pelatihan di bidang keterampilan lainnya sepeerti menjahit dan lain-lainnya.

Kesimpulan
Masalah yang terjadi di Indonesia harus selalu mendapat perhatian dari semua pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat. Masalah-masalah tersebut harus segera diselesaikan. Contohnya pengangguran yang dapat diselesaikan dengan menumbuhkan jiwa wirausaha sehingga tercipta wirausaha-wirausahawan muda sehingga pengangguran terdidik dapat dikurangi. Maka dari itu jiwa wirausaha sangatlah perlu dikembangkan bagi semua generasi yang terutama diajarkan sejak usia dini sehingga setelah mereka dewasa mereka telah memiliki bekal wirausaha dan sapat menjadi wirausahawan yang handal.
Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.